WAWANCARA
Wawancara/ Interview adalah jenis pengumpuan
data atau informasi dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada
narasumber/informan atau seorang ahli yang berwenang/kompeten dalam suatu
masalah.
A.
Langkah-langkah
yang dapat dilakukan sebelum mengadakan wawancara:
1.
Menentukan
Topik Wawancara
Topik wawancara perlu
ditentukan agar wawancara tidak melebar pada permasalahan lain.
2.
Menentukan
Tujuan
Secara khusus wawancara
bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu sesuai dengan topic wawancara.
3.
Menentukan
narasumber yang kompeten
Narasumber harus
disesuaikan dengan topic wawancara. Narasumber boleh lebih dari satu, agar
keterangan yang diperoleh semakin lengkap.
4.
Mengadakan
Perjanjian dengan Narasumber.
Menghubungi narasumber
untuk menanyakan ketersediaannya
diwawancarai. Mengenai topic yang akan dibahas, dan kapan pelaksanaan
wawancaranya.
5.
Membuat
Daftar Pertanyaan
Urutan pertanyaan
dimulai dari hal-hal yang ringan sampai ke hal-hal yang berat. Menyesuaikan
dengan waktu yang tersedia. Perhatikan jenis pertanyaan yang memungkinkan
menimbulkan jawaban bercabang atau justru menimbulkan pertanyaan baru.
6.
Mempelajari
Masalah yang Berkaitan dengan Topik Wawancara
Pemahaman terhadap
masalah yang menjadi topic wawancara dapat diperoleh dari membaca, mempelajari
data, menyaksikan berita dan observasi.
Meskipun tidak secara resmi terdapat dalam teori, observasi pada orang – orang terdekat
narasumber perlu dilakukan supaya pertanyaan menjadi bervariasi.
7.
Pelaksanaan
Wawancara
Dalam pelaksanaan
wawancara, Anda berpedoman pada daftar pertanyaan dan etika/sopan santun berwawancara
B.
Sopan
Santun dan Tata Cara Melakukan Wawancara
1.
Buatlah
janji dengan narasumber, baik langsung maupun melalui telepon.
2.
Dating
tepat waktu sesuai dengan janji yang telah disepakati. Jangan terlambat
3.
Ucapkan
salam, jelaskan dan kenalkan identitas Anda. Perhatikan kata sapaan yang tepat.
(Bapak, Ibu, Saudara, Anda).
4.
Jelaskan
topic dan maksud wawancara.
5.
Mulai
pertanyaan dengan yang ringan-ringan saja.
6.
Bersikaplah
hormat pada narasumber.
7.
Berikanlah
kesan bahwa informasi itu sangatlah penting.
8.
Jangan
menggurui dan menginterogasi (menanyakan secara terus menerus dan beruntun)
9.
Jangan
memotong dan menyela pembicaraan
10.
Hindari
pertanyaan yang jawabannya pendek.
11.
Mengucapkan
terimakasih, mohon maaf atas kesalahan dan penutup (setelah selesai wawancara)
12.
Bawa
alat perekam (izin terlebih dahulu)
C.
Hal-Hal
yang Dapat Mengurangi Kesopanan Ketika Wawancara
1.
HP/Menerima
telepon
2.
Mengerjakan
hal lain. Misalkan menulis terus menerus.
3.
Menyepelekan
informasi
4.
Mengejek
secara langsung maupun tidak langsung
5.
Dll.
nb: terimakasih untuk Ibu Nur Yatin, yang telah menyampaikan materi ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar